Jumat, 08 Januari 2010

Sakit Pinggang

SYARAF TERJEPIT

ADALAH SALAH SATU PENYEBABNYA

Hampir semua orang pernah mengalami sakit pinggang, sehingga banyak orang berpendapat bahwa sakit pinggang adalah hal yang biasa saja misalnya : sakit karena usia tua, kelelahan atau salah gerak; ,tetapi benarkah demikian?

“Awal timbulnya sakit di pinggang ini sebenarnya hanya hal sepele saja.”., tutur bapak Steve, seorang pengusaha muda, ketika menceritakan masalah sakit dipinggangnya.

“Ketika itu saya sedang berada di bandara dalam rangka perjalanan keluar kota dengan pesawat udara. Sambil berdiri menunggu pesawat saya menelpon seseorang, tas saya taruh di samping kaki kiri saya, ketika sedang asyik bertelepon, saya mendengar pengumuman bahwa pesawat yang akan saya tumpangi telah siap dan penumpang diminta segera naik pesawat. Dengan cepat saya membungkuk ingin mengambil tas saya dengan tangan kanan saya, tetapi, namun tas belum terjangkau, rasa sakit yang luar biasa telah menyerang pinggang saya, tubuh saya sulit untuk ditegakkan. Meski telah saya istirahatkan sejenak, tetap saja saya tidak dapat berdiri dan bergerak “, kata bapak Steve sambil memeragakan gerak dan mimik kesakitan. “Akhirnya saya putuskan untuk membatalkan penerbangan dan segera saya menuju ke rumah sakit untuk memeriksa keadaan saya, karena saya khawatir apabila sakit pinggang tersebut bertambah parah.

Setelah melalui serangkaian pemeriksaan, ternyata saya didiagnosa terkena gangguan saraf terjepit, HNP di L4/5 atau Hernia Nukleus Pulposus di tulang pinggang ke4-ke5 “.

Kasus bapak Steve tersebut adalah sebuah contoh salah satu faktor pencetus terjadinya saraf terjepit akibat bantalan/sendi/cakram tulang belakang yang menekan akar saraf atau dislokasi/pergeseran tulang belakang atau saraf terjepit karena otot yang tegang. Hal-hal sepele atau sikap gerak yang tidak tepat dapat menyebabkan sakit yang serius.

Tanpa disadari, kita sering melakukan gerak tulang belakang yang salah, karena memang selama ini gerak dan sikap tubuh yang salah tersebut tidak membuat kita sakit, tepatnya BELUM membuat kita sakit!, karena belum saatnya sampai sebuah keadaan atau gerakan yang langsung memicu saraf yang terjepit.

Saraf terjepit tidak secara langsung mengancam keselamatan jiwa, tetapi sangat mengganggu kenyamanan hidup dan aktifitas sehari-hari. Karya besar dan urusan bisnis besar dapat menjadi gagal karena rasa sakit yang luar biasa dari gangguan saraf terjepit.

TIPS :

* Posisikanlah tulang belakang senantiasa tegak

* Bila terjadi gangguan di tulang belakang (leher, punggung, pinggang) segera hubungi dokter atau ahli yang tepat.

source: http://www.pro-vclinic.web.id/articles/sakit-pinggang.html

1 komentar: