Minggu, 15 November 2009

Pinggang Belakang Sakit Terasa Lumpuh

Hari Kamis pagi, 20 Sept 2007 lalu, aku baru selesai mandi dan sedang asyik sikat gigi, bersiap ke kantor. Tiba-tiba aku terbatuk-batuk sedikit, dan tak lama ada rasa menjalar dari pinggang belakang ke bagian bawah kaki. Lalu aku merasa lemah terkulai. Sekuat tenaga aku mencoba bergerak dari kamar mandi ke tempat tidur karena aku merasakan sakit pinggang yang demikian hebat dan membuatku merasa lumpuh. Sepertinya aku kena LBP lagi (ini sudah yang ke-3 kalinya aku alami).

Selama 2 hari pertama aku merasa lumpuh, bahkan untuk duduk pun tidak bisa kulakukan. Untuk ke kamar mandi praktis ngga bisa, jadi untuk buang air kecil aku lewat botol air mineral :). Hari-hari berikutnya aku mulai belajar bergerak dengan sangat hati-hati agar bisa pulih seperti sedia kala.
Low Back Pain (LBP) adalah rasa nyeri yang terjadi di daerah pinggang bagian bawah dan dapat menjalar ke kaki terutama bagian sebelah belakang dan samping luar. Keluhan ini dapat demikian hebatnya sehingga pasien mengalami kesulitan dalam setiap pergerakan (salah tingkah) dan pasien harus istirahat serta dirawat di rumah sakit.
Keluhan low back pain ini ternyata menempati urutan kedua tersering setelah nyeri kepala. Dari data mengenai pasien yang berobat ke poliklinik Neurologi menunjukkan bahwa jumlah pasien diatas usia 40 tahun yang datang dengan keluhan low back pain ternyata jumlahnya cukup banyak. Di Amerika Serikat lebih dari 80% penduduk pernah mengeluh low back pain dan di negara kita sendiri diperkirakan jumlahnya lebih banyak lagi.

Mengingat bahwa low back pain ini sebenarnya hanyalah suatu simptom / gejala, maka yang terpenting adalah mencari faktor penyebabnya agar dapat diberikan pengobatan yang tepat.

Sebab-sebab terjadinya LBP
Pada dasarnya timbulnya rasa sakit adalah karena terjadinya tekanan pada susunan saraf tepi daerah pinggang (saraf terjepit). Jepitan pada saraf ini dapat terjadi karena gangguan pada otot dan jaringan sekitarnya, gangguan pada sarafnya sendiri, kelainan tulang belakang maupun kelainan di tempat lain, misalnya infeksi atau batu ginjal dan lain-lain.

SPASME OTOT (ketegangan otot) merupakan penyebab yang terbanyak dari LBP. Spasme ini dapat terjadi karena gerakan pinggang yang terlalu mendadak atau berlebihan melampaui kekuatan otot-otot tersebut. Misalnya waktu sedang olah raga dengan tidak kita sadari kita bergerak terlalu mendadak dan berlebihan pada waktu mengejar atau memukul bola (badminton, tennis, golf, dll). Demikian juga kalau kita mengangkat benda-benda agak berat dengan posisi yang salah, misalnya memindahkan meja, kursi, mengangkat koper, mendorong mobil, bahkan pada waktu kita dengan sangat gembira mengangkat anak atau cucu kita akan dapat terjadi LBP. Pengapuran tulang belakang disekitar pinggang yang mengakibatkan jepitan pada saraf yang bersangkutan dapat mengakibatkan nyeri pinggang yang hebat juga.

HNP (Hernia Nukleus Pulposus) yaitu : terdorongnya nucleus pulposus suatu zat yang berada diantara ruas-ruas tulang belakang, kearah belakang baik lurus maupun kearah kanan atau kiri akan menekan sumsum tulang belakang atau serabut-serabut sarafnya dengan mengakibatkan terjadinya rasa sakit yang sangat hebat. Hal ini terjadi karena ruda paksa (trauma/kecelakaan) dan rasa sakit tersebut dapat menjalar ke kaki baik kanan maupun kiri (iskhialgia). Adapun sebab lain yang perlu kita perhatikan adalah: tumor, infeksi, batu ginjal, dan lain-lain. Kesemuanya dapat mengakibatkan tekanan pada serabut saraf.

Hendaknya jangan dilupakan adanya stress mental yaitu : suatu keadaan kejiwaan yang menyebabkan pasien tersebut merasa sangat tertekan. Penderitaan kejiwaan stress ini gejala klinisnya dialihkan menjadi LBP, walaupun sebelumnya telah ada faktor-faktor kelemahan dari susunan organ-organ di punggung. 

Jenis pengobatan/obat sakit pinggang yg pernah saya uji.

1. Terapi senam untuk sakit pinggang, ternyata ini hanya untuk kasus sakit pinggang biasa, untuk sakit pinggang berat tidak bisa. Akhirnya tidak saya gunakan.
2. Pijat Yumeiho, adalah pijat jepang yg saya praktekkan, tetapi ini hanya berhasil untuk sakit pinggang ringan, kecetit ringan bisa. Tapi untuk sakit pinggang berat masih belum bisa.
3. Akupuntur, Uji akupuntur sakit pinggang ini langsung ditangani oleh teman saya, lulusan terbaik akupuntur dari IKNI Surabaya dan lulusan dari Jateng. Ternyata untuk sakit pinggang berat, tidak bisa meyembuhkannya, hanya memberi rasa enak 2 atau 3 hari saja.
4. Xamthone, minum jus ini ternyata hanya enak di lidah, tapi tidak ada perbaikan, akhirnya saya tidak percaya.
5. Sistem Pemanasan, infrared, yg biasa di lakukan di Rumah Sakit ternyata juga hanya menghasilkan enak sesaat, tanpa ada kesembuhan.
6. Ektrime Cupping, yaitu pengobatan dengan memanfaatkan tekanan negatif untuk menarik urat pinggang, mengendorkan, mememarkan, merelaksasikan dan menghangatkan. Rasa hangat selama 4 hari sehabis terapi ini sangat enak, dan terapi sakit pinggang ini yg saya tetapkan sebagai "obat sakit pinggang" terbaik.

Banyak pasien yg sakit pinggang yg belum parah, yaitu belum sampai tahunan bisa 1x terapi bisa sembuh. Dan yang menjadi penelitian saya adalah jenis sakit pinggang berat, dan alhamdulillah, proses pengobatan alami tradisional cukup 30 menit itu bisa mengobati sakit pinggang berat.

BERITA TERBARU :
  • Erik, Surabaya, berhasil sembuh dari sakit pinggang yg kata dokter karena salah posisi berhubungan badan dengan istri.
  • Fulan, berhasil sembuh setelah lama mencari berbagai macam pengobatan sakit pinggang, dan bertemu saya. 1x terapi.
  • Abdul, berhasil sembuh dari sakit pinggang berat (LBP) setelah sebulan terapi.
  • M Yani, berhasil sembuh dari kecetit (syaraf terjepit) dengan terapi tradisional ini.
HUBUNGAN INFORMASI :

Praktek Pengobatan Tradisional Surabaya
Perumahan Gunungsari Indah Blok M-17
Telp : 031 77750099
SMS : 0857 3366 3333
Jam : 10.00 - 17.00 WIB (Jum'at & Minggu libur)
Website : http://www.obatsakitpinggang.com

3 komentar:

  1. pak saya merasa sakit ketika berjalan..
    pinggang dan kaki kanan saya terasa sakit...
    jika saya jongkkok kaki kanan saya terasa skit yang luar biasa .....
    dan pada waktu berjalan saya tidak bisa melihat kebawah karena leher saya terasa skit ...apakah penyakit saya ini sama dengan penyakit yg pernah bapak alami..bagaimana cara mencegahnya atau mengobatinya pak..??
    sudah lama saya merasakn sakit ini ..saya sudah urut tapi tidak ada perubahan

    BalasHapus
  2. nyeri pada pinggang belakang dapat diatasi dengan cara mengaktifkan simpul-simpul energi "CHI" yang ada pada tubuh. karena dengan aktif nya simpul-simpul energi ini akan membuat aliran darah menjadi lancar dan LBP yg anda derita pun akan segera terobati.

    BalasHapus
  3. Terimakasih pak share-nya, saya baru2 ini mengalami hal yg sama, bener2 menyiksa dan membuat serba salah, setelah diperiksa di ahli syaraf dan ahli tulang, memang kesimpulan karena pengapuran yg disebabkan kelamaan duduk, hal ini tentu gk bisa dihindari, saya nyetir ke kantor brkat 1jam, puang 1 jam, di ktr sendiri dari pagi sampe sore duduk, tapi kalau sering berolahraga mungkin resiko LBP bisa berkurang... sayangnya saya hampir gk ada waktu utk berenang...

    BalasHapus