Minggu, 15 November 2009

Pinggang Pegal (PEGEL)

Pinggang Pegal (pegel)
- Tanya -
Salam dokter,
Sudah sekitar dua minggu ini pinggang belakang sebelah kanan saya terasa pegal-pegal dan hal tersebut sungguh mengganggu saya. Untuk informasi, saya bekerja selalu duduk di depan komputer. Apakah hal itu penyebabnya? Ada yang bilang kalau sakit pinggang dapat disebabkan karena kurang minum, salah tidur, dsb.
Mohon bantuannya agar saya dapat segera sembuh dari sakit ini. Terima kasih.
Dokter Cathy Menjawab :
Saya mau bertanya, berapa lama Anda duduk di depan komputer seharian? Dan berapa liter jumlah air yang Anda minum? Kalau hampir 12 jam Anda duduk dan minum kurang dari 2 liter sehari, itulah penyebabnya.
Sakit pinggang dan pegal-pegal dalam bekerja
Semua orang pasti mengetahui sakit pinggang/pegal-pegal. Sakit pinggang terjadi karena kesalahan dan lamanya waktu duduk. Saat bekerja tubuh dituntut untuk berada dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama terutama pekerja dalam bidang manufaktur. Jika kondisi tidak nyaman terjadi, maka tubuh akan tertekan dan berakibat timbulnya sakit pinggang atau pegal-pegal. Padahal seseorang yang duduk dalam waktu lama bisa jadi tidak mengalami sakit pinggang karena ia memperhatikan unsur ergonomic.
Ada suatu kasus dimana terdapat seseorang yang ia mengalami sakit pinggang setelah bekerja karena selalu duduk dalam posisi membungkuk. Untuk menghilangkan hal tersebut seseorang harus melakukan duduk ergonomic, yaitu duduk dengan posisi tertentu agar tidak mudah lelah, yaitu duduk dengan posisi tegak dan kepala tidak membungkuk atau duduk dengan memperhatikan berbagai hal yang dapat membuat ia merasakan nyaman dan sehat. Jika ini dilakukan maka seseorang tidak akan merasakan sakit pinggang/ pegal-pegal.
Dengan tulang punggung yang lurus atau tegak bukan hanya tidak mudah lelah atau pegal tetapi badan kita justru akan semakin terasa segar bugar, wajah akan tampak lebih cerah karena peredaran darah ke kepala kita lancar dan otot-otot kita tidak kaku karena kita merasa lebih rileks dan nyaman. Hal ini disebabkan karena tulang belakang manusia sendiri merupakan tulang penyanggah utama badan kita dan memiliki beban lainnya yaitu menjaga keseimbangan badan kita, selain itu dia berhubungan erat dengan otot-otot sekitar tulang yang menopang pada tulang tersebut, dan juga merupakan jalur peredaran darah yang tergolong vital.
Selain itu seseorang juga dapat melakukan duduk meditasi, yaitu duduk dengan posisi menyila, badan tegak, kepala tidak bungkuk, dan menenggadah ke atas. Cara duduk seperti ini juga akan dapat mencegah sakit pinggang dan pegal-pegal. Bahkan orang tersebut dapat bertahan untuk duduk selama berjam-jam. Untuk mengatasi masalah sakit pinggang/pegal-pegal tidak hanya merubah posisi duduk, tetapi juga perlu memperhatikan hal lainnya.
Kondisi tempat duduk juga mempengaruhi. Tempat duduk yang tidak sesuai dengan tubuh akan membuat para pekerja tidak konsentrasi dalam bekerja ini akan merugikan baik itu pihak perusahaan maupun pekerja itu sendiri. Untuk tempat duduk kebanyakan dari perusahaan hanya memperhatikan segi keindahan bukan kenyamanan. Ditambah lagi faktor standar tempat duduk yang digunakan. Karena kita banyak menggunakan desain tempat duduk dari barat belum tentu cocok dengan kondisi fisik orang Indonesia.
Kita perlu memperhatikan kursi yang digunakan. Kursi yang ergonomic adalah kursi yang dapat diatur agar sesuai dengan kondisi badan baik tinggi maupun sandaranya. Hal ini akan membuat bagian belakang tubuh seseorang merasakan rileks sebab terdapat sandaran untuk menopang bagian punggungnya. Jika kursi terlalu tinggi kita dapat menggunakan bantalan atau pijakan untuk kaki agar kaki kita tidak menggantung. Kita juga dapat menggunakan kursi yang emuk dengan meletakkan busa pada letak dudukan. Ini akan menyebabkan pinggang kita merasakan nyaman. Terakhir jika kita menggunakan kursi yang memiliki sandaran tangan kita harus memperhatikan bentuk sandaran itu agar posisi tangan tidak ketinggian. Dalam bekerja faktor tempat duduk sangat penting karena dengan tempat duduk yang nyaman kita akan dapat bekerja dengan baik dan sehat. Contoh kasus di atas pun dapat kita cegah jika kita memperhatikan faktor tempat dan posisi duduk.

BERITA TERBARU :
  • Erik, Surabaya, berhasil sembuh dari sakit pinggang yg kata dokter karena salah posisi berhubungan badan dengan istri.
  • Fulan, berhasil sembuh setelah lama mencari berbagai macam pengobatan sakit pinggang, dan bertemu saya. 1x terapi.
  • Abdul, berhasil sembuh dari sakit pinggang berat (LBP) setelah sebulan terapi.
  • M Yani, berhasil sembuh dari kecetit (syaraf terjepit) dengan terapi tradisional ini.
HUBUNGAN INFORMASI :

Praktek Pengobatan Tradisional Surabaya
Perumahan Gunungsari Indah Blok M-17
Telp : 031 77750099
SMS : 0857 3366 3333
Jam : 10.00 - 17.00 WIB (Jum'at & Minggu libur)
Website : http://www.obatsakitpinggang.com

4 komentar:

  1. apakah sakit pinggang itu dapat disebabkan karena terlalu banyak makan pedas???...

    BalasHapus
  2. kursi kerja itu penting, saya kena sakit pinggang karena memakai kursi buat meja makan untuk kerja di depan komputer, setelah kursi saya ganti dengan kursi kerja (kursi yang bisa disetel naik turun, dan ada roda dibawah, serta ada per sehingga bagian sandaran punggung bisa mundur) lalu berangsur angsur sakit pinggang saya sembuh.

    tips, waktu beli kursi jangan terburu2, sambil dicoba mana yang paling nyaman dipakai duduk.

    BalasHapus
  3. mlm...
    pinggang pegel jdi gk nyaman gimna caranya biar cpet sembuh....?
    tolong bntu..

    BalasHapus