Senin, 08 Maret 2010

Penyebab-Penyebab lain Sakit Pinggang (1)

"Penyebab-penyebab lain sakit pinggang" termasuk persoalan-persoalan ginjal, kehamilan, persoalan-persoalan ovari, dan tumor-tumor.

1. Persoalan-Persoalan Ginjal
Infeksi-infeksi ginjal, batu-batu, dan luka perdarahan ginjal (hematoma) adalah seringkali dihubungkan dengan sakit pinggang. Diagnosis dapat melibatkan analisa urin, tes-tes gelombang suara, atau scan radiologi perut.

2. Pregnancy
Kehamilan umumnya menjurus pada sakit pinggang disebabkan oleh tekenan secara mekanik pada tulang belakang lumbar (merubah lekukan normal lumbar) dan oleh posisi dari bayi didalam perut. Sebagai tambahan, efek-efek dari hormon estrogen wanita dan hormon yang mengendurkan ligamen mungkin berkontribusi pada pengenduran dari ligamen-ligamen dan struktur dari tulang belakang. Latihan-latihan Pelvic-tilt seringkali direkomendasikan untuk sakit ini. Wanita-wanita juga direkomendasikan untuk mempertahankan kondisi fisik selama kehamilan menurut nasihat dokternya.

3. Persoalan-Persoalan Ovari
Kista-kista ovari, uterine fibroids, dan endometriosis seringkali menyebabkan sakit pinggang. Diagnosis yang tepat mungkin memerlukan pemeriksaan dan tes ginekologis.

4. Tumors
Sakit pinggang dapat disebabkan oleh tumor-tumor, baik yang tidak membahayakan maupun yang membahayakan, yang berasal dari tulang belakang atau pelvis dan spinal cord (primary tumors) dan yang berasal dari tempat lain dan menjalar pada daerah-daerah ini (metastasize). Gejala-gejala terbentang dari sakit lokal sampai pada sakit menyebar yang berat dan hilangnya fungsi dari otot dan syaraf (bahkan incontinence dari urine and feces) tergantung dari apakah tumor-tumor mempengaruhi jaringan syaraf. Tumor-tumor dari area-area ini dideteksi dengan menggunakan tes-tes radiologi, seperti x-rays, scan nuklir tulang , dan scan CAT dan MRI.
(totalkesehatananda.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar